Cara Buat Daftar isi Blog

Coba anda lihat pada bagian Menu Navigasi Blog ini,disana ada kata yang bertulis Daftar isi, dan jika anda meng-kliknya, maka akan ditampilkan daftar isi/daftar postingan dari Blog ini,silahkan klik disini untuk melihat daftar isi Blogkomputers,hari kamis yang lalu teman saya yang bernama Aan menanyakan masalah yang sama,cara membuat daftar isi,dan saya telah menunjukanya langsung dan alhamdulillah berhasil dibuat.

Mungkin diluar sana masih banyak teman-teman saya yang belum tahu caranya, untuk itu saya berinisiatif untuk menulisnya di Blog supaya dapat dibaca oleh teman2 yang lain,baiklah kita langsung saja ke topic permasalahan, So..buat anda yang ingin tau cara buat daftar isi blog ini, silahkan ikuti langkah - langkahnya :

Langkah ke-1

Login di Blogger dengan ID anda kemudian langsung menuju ke edit html.di tab Template Jangan lupa kasih tanda centang pada kolom expand template widget.

Selanjutnya, cari kode html berikut :atau yang mirip dengan kode tersebut:


<b:include data='post' name='post'/>


Jika sudah ketemu, hapus kode tersebut dan ganti dengan kode dibawah ini :


<b:if cond='data:blog.homepageUrl != data:blog.url'>
<b:if cond='data:blog.pageType != "item"'>
<a expr:href='data:post.url'>
<div style="padding:5px;border-right:1px solid #ebebeb;
border-bottom:1px solid #ebebeb;margin-bottom:5px;background:#f2f2f2;">
<data:post.title/></div></a>
<b:else/>
<b:include data='post' name='post'/>
</b:if>
<b:else/>
<b:include data='post' name='post'/>
</b:if>


Kemudian save template.


Langkah ke-2

Untuk langkah yang ke-2,membuat sebuah Link yang akan menampilkan daftar isi Blog, anda bisa menempatkannya di Sidebar blog anda, atau anda bisa meletakannya di Menu Navigasi seperti pada blog ini,tapi itu semua terserah anda ingin menempatkanya dimana, yang penting link tersebut harus tampilan pada halaman blog anda,berikut Link-nya

<a href="http://NamaBlog.blogspot.com/search?max-results=300">Daftar isi Blog</a>


Ganti teks yang berwarna merah dengan nama blog anda dan angka 300 menunjukan jumlah postingan yang ingin ditampilkan,kalo sudah Save Template anda

Note:

1.Jika anda ingin menambahkan efek Blink/berkedip seperti blog saya silahkan anda tambahkan kodenya,untuk menambahkan kode kata yang berkedip silahkan klik disini.

2.Atau jika anda ingin menambahkan kode marquee silahkan tambahkan kode berikut

<marquee scrolldelay="50" scrollamount="1">Daftar Isi</marquee>



87 comments

87 comments:

  1. saya uda nyoba mas..:) oia nitip taruh link rumah saya yang lain disini ya.. yg mau jadi

    blogger matre, tempatnya disini http://www.blogselebduit.com yang mau

    pasang iklan gratis, disini http://www.iklanbaris.erwinyustiawan.com :)

    ReplyDelete
  2. Aduh..udah males bro utak atik ni template...
    Udah keberatan soal'x blog gue, wkekkekekk... :))

    ReplyDelete
  3. Wah, makasih ya tipsnya. Udah Aku praktekin.

    ReplyDelete
  4. wah berguna neh bagi sy yg masih pemula..makasih bnget..pegen buat blog...tp masih bingung ...hikz........gaptek bnget neh sy..

    ReplyDelete
  5. hai bos.. lam kenal.. main ke blogku yah...

    ReplyDelete
  6. wah nice post

    dah ku pasangmas KK

    semoga selalu ngeluarin trik yang jitu abis deh

    ReplyDelete
  7. thanks ya mas caranya .ak mo coba nechdoain yaaaa.upz teman2 maen k blog q y www.khanasyahidah.blogspot.com

    ReplyDelete
  8. wah makasih mas ntar saya coba dan mohon saranya buat blog perdana saya myokezone.blogspot.com karena anda lebih senior.:)

    ReplyDelete
  9. wah makasih banget mas udah saya praktekin dan berhasil mas

    saya tunggu tips yang baru dari mas KK,semoga lebih segar dan bisa dipraktekin dengan mudah,trim banget mas

    ReplyDelete
  10. mas makasih banyak nih ilmunya.
    mau nanya. kalo < b:include data='post' name='post'/> sama < b:include data='blog' name='all-head-content'/> itu sama gak ya?
    soalnya daftar isinya gak muncul2 tuh mas.

    makasih ya mas sebelumnya....

    ReplyDelete
  11. makacih ats info nya sekecil apapun itu pzt snagt berharga

    ReplyDelete
  12. saya cba juga di blog saya niyy yhh... ^_^
    tx sharing ilmu tentang tutorial blog-na yy...
    oya tpi klu buat seperti yang di sidebar blog komputer yang berjudul 'tutorial blog bagi pemula' itu gimana mas?

    ReplyDelete
  13. makasih ya... udah ngasih info ini...
    saya memang lagi punya masalah dengan daftar isi...

    ReplyDelete
  14. nanti tampilannya kek apa yah mas ?

    ReplyDelete
  15. Hi , Apa kabar ?

    Mohon luangkan waktu Anda sejenak,
    Apakah menjadi orang sukses dan kaya adalah IMPIAN Anda selama ini??
    Sudahkah Anda berjuang demi hal tersebut tetapi Anda belum mencapainya..??

    Anda sedang berada di jalur yang tepat bersama saya.

    Kunjungi http://www.AyoJadiBoss.com

    Temukan langkah dan rahasia bagaimana saya bisa mengubah kondisi finansial Anda,
    yang akan membuat Anda Kaya & Sukses melebihi semua mimpi Anda.

    Ucapkan Selamat Datang kepada Kesuksesan dan Kekayaan.

    ReplyDelete
  16. q mau tanya nih gimana caranya bikin daftar posting yang ada di dlm teks area. please reply to putraandalas_heru.mnag@yahoo.co.id

    ReplyDelete
  17. saya coba berkali kali kog ga bisa ... tulisan judul2 artikel nya ga muncul... yang tau solusinya kirim email ke saya ya..

    alisungkar33@yahoo.co.id

    ReplyDelete
  18. mas terimakasih tutorial buat daftar isinya mudah-mudahan ada tutorial untuk mempercantik blog lagi trims artikelnya minta ijin di copy ya mas???

    ReplyDelete
  19. Terima kasih mas atas infonya...salam kenal

    ReplyDelete
  20. makasih udah ngasih tutorialnya.

    ReplyDelete
  21. tanks for infoo...mampir-mampir ya

    ReplyDelete
  22. siip gan infonya..
    (http://tric06.student.ipb.ac.id/)

    ReplyDelete
  23. ayo kunjungi blogku di www.hatsuharu.co.cc - anime manga jmusic lyrics and many more bisa download juga free

    ReplyDelete
  24. Wah makasih yakz atas petunjuknya

    ReplyDelete
  25. thanks gan infonya, kunjungan balik ya
    http://gecokk.blogspot.com/
    thanks

    ReplyDelete
  26. Thanks infonya. Tapi ada masalah serius nih. Setelah 2 minggu membuat daftar isi seperti itu, sekarang post blog saya hilang semua di serp google. Sy kurang yakin apa penyebab sbenarnya? Tlng diberi pencerahan. Thanks. http://pustaka-blogtips.blogspot.com

    ReplyDelete
  27. mas yang langkah ke 2 tuh linknya di copy dimana????
    Tlg balas:
    http://handi78-blog.blogspot.com/

    ReplyDelete
  28. Thanks mas!!! coba praktekin dah... berguna buat kita yang newbie!!

    ReplyDelete
  29. Mampir di blog sederhana ku da..

    VISIT ME @:wiraguntara.blogspot.com/wiraguntara.co.cc

    ReplyDelete
  30. senang rasanya sudah ada daftar isinya, tapi kok seperti nya punya saya ada kesalahan ya... memang hanya kesalahan kecil sih...
    tapi meskipun kecil, tetep ja ndak enak jika saya melihatnya.. :D...

    permasalahannya adalah daftar isinya ndak keluar semua melainkan hanya ada dua, padahal max resultnya sudah 300 persis seperti yang ada pada artikel saudara...

    mas tolong pencerahannya...
    terimakasih banyak :D

    ReplyDelete
  31. kunjungi blog ku

    dapatkan beberapa tutorial

    http://bglogger.blogspot.com

    ReplyDelete
  32. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  33. misi gan.. numpang tanya nih...

    kan ane udh ngikutin yang agan suruh, tapi daftar isinya malah nggak keluar..
    gimana ya?
    apa mungkin gara-gara
    script yang ane ganti salah?
    soalnya script yang ketemu cuma kaya gini doang:


    bener gak ya?
    mohon pencerahannya mas, soalnya saya masih pemula.

    udah gitu keluar tulisan gini kalau saya paksa:

    "Kami tidak dapat menyimpan template Anda.
    Harap perbaiki kesalahan di bawah, dan kirimkan template Anda lagi.
    Template Anda tidak valid karena tag 'div' muncul di dalam tag 'head'."

    blogku alamatnya ini
    http://wildank.blogspot.com

    bales ke e-mailku aja ya mas.
    alamatnya:
    dantwitt@gmail.com

    thx before

    ReplyDelete
  34. wah manteb,.. ini yang tak cari :)

    ReplyDelete
  35. Makasie juragan, Baru kali ini saya berhasil buat daftar isi. sekali lagi makasie banyak.

    ReplyDelete
  36. makasih banyak tipsnya bro...

    dah dicoba & sukses...

    salut buat blogger indonesia... :)

    ReplyDelete
  37. gan kalo ngebuat yg di atas yang ada bacaan...
    HOME,HACK BLOGER
    gimana caranya gan...?
    mohon penjelasannya...

    ReplyDelete
  38. saya sudah mencoba dan berhasil
    tapi kok postingan nya msih ada di beranda? bagaimana cara sembunyikanya?
    tolong di jawab ya??!!!!!!!!!!!

    ReplyDelete
  39. Thanks mas cuma langkah kedu ini saya bingung......

    Langkah ke-2
    Untuk langkah yang ke-2,membuat sebuah Link yang akan menampilkan daftar isi Blog, anda bisa menempatkannya di Sidebar blog anda, atau anda bisa meletakannya di Menu Navigasi seperti pada blog ini,tapi itu semua terserah anda ingin menempatkanya dimana, yang penting link tersebut harus tampilan pada halaman blog anda,berikut Link-nya

    Daftar isi Blog

    ReplyDelete
  40. mampir ke blog ane http://blogsetya.blogspot.com

    ReplyDelete
  41. kaka...

    kalo mw ngebuat yg kayak daftar isi di sblah kanan gimana???

    ReplyDelete
  42. Trims atas share nya... sdh berhasil dicoba.... skalian jd followers #404... follow back ya Uda... :)

    ReplyDelete
  43. okey juga mas bro langsung ach

    ReplyDelete
  44. mantabs om...langsung dcoba dan berhasil.....hore......

    ReplyDelete
  45. Ada yang Langsung Pakai Widget nggak Om.. Jadi nggak usah utak atik htmlnya?.thanks

    ReplyDelete
  46. nice blog sobt

    http://tanyatentangkesehatan.blogspot.com/

    ReplyDelete
  47. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  48. bos kok daftar isi saya gak muncul

    http://vianjb.blogspot.com/infoterbaru2011

    ReplyDelete
  49. bgmn cara buat yg kyak home, bloger hack dll pada blog ???

    ReplyDelete
  50. loh,, kok kode ini gag bisa d hapus yah,, tolong bantuin sarannya donk,, mkasii...

    ReplyDelete
  51. maksih tipsnya...saya akan coba praktekkkan

    salam

    ReplyDelete
  52. Sulit banget Sih!!!

    MAmpir KeBlog Ane! yah! http://theyoungsterszone.blogspot.com

    ReplyDelete
  53. thaks.
    http://kancilbaru.blogspot.com

    ReplyDelete
  54. please follow my : http://kancilbaru.blogspot.com

    ReplyDelete
  55. Teimakasih ya informasinya,...sukses slalu

    ReplyDelete
  56. Makadih banget Infonya Gan ... ^_^

    ReplyDelete
  57. mas saya dah coba, tapi untuk langkah ke 2 itu masuk kemana dan copas kemana mas? tolong di kasih secara dtail ya mas, maklum masih awam nih,,hehe,

    ReplyDelete
  58. makasih atas ilmunya namun aku masih belum paham lah.........
    maklum baru belajar

    ReplyDelete
  59. manatap./visit
    gabung di blog saya lah gan.

    http://www.blog-tkj.tk

    ReplyDelete
  60. Informasi ini yang kami butuhkan untuk situs kami. Terima kasih atas informasi berharganya.

    ReplyDelete
  61. kunjungi blog aku ya
    makasih banyak
    http://rohis-one.blogspot.com/

    ReplyDelete
  62. uda arif; wah terlambat masang aq... tp kok nggak banyak yang tampil daftar isinya ya...

    ReplyDelete
  63. perlu dipraktekan nih, mantabs...

    ReplyDelete
  64. trimakasih toritorialnya gsobat izin nyedot ya...

    ReplyDelete
  65. saya ngikut di belakang aja, gpp paling akhir asal senang dan bis amendapatkan info-info terbaru. sukses selalu buat agan dan terima kasih atas berbaginya

    ReplyDelete